Apa Saja Tools SEO dan Apa Saja Fungsinya?

SEO
April 3, 2024
Zoeleika Yollanda
Apa Saja Tools SEO dan Apa Saja Fungsinya?

Seperti berbagai hal lainnya, tentu saja penggunaan Search Engine Optimization (SEO) membutuhkan alat (tools) dan strategi. Tentunya ada berbagai variasi tools yang bisa digunakan untuk memaksimalkan penggunaan SEO dan meningkatkan ranking dan visibilitas suatu website atau bisnis pada sebuah mesin pencari (search engine). SEO tools sendiri merupakan perangkat atau software yang dirancang khusus untuk mendukung tujuan SEO tersebut. 

Beberapa tools SEO adalah:

Google Analytics

Google Analytics adalah jasa analitik situs web yang memberikan statistik dan beberapa analytical tools untuk SEO. Google Analytics digunakan untuk memonitor kinerja website dan menentukan sumber terbaik untuk traffic, melihat keefektifan kampanye digital dan kegiatan pemasaran yang dilakukan, melihat pola dan tren dalam user engagement, dan mendapatkan informasi pengunjung lainnya seperti demografi.

Google Analytics mengambil data pengguna dari setiap pengunjung situs web melalui penggunaan page tag. Sebuah page tag Javascript disisipkan ke dalam kode setiap halaman, yang berjalan di browser setiap pengunjung untuk mengambil data dan mengirimnya ke salah satu server pengumpulan data Google. 

Kemudian, Google Analytics akan menghasilkan laporan untuk memonitor dan mem-visualisasi data seperti jumlah pengguna, bounce rate, durasi sesi rata-rata, jumlah view halaman, dan lainnya.

Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah sebuah platform yang digunakan untuk memonitor pandangan Google terhadap situs web mereka dan mengoptimasi keberadaan organiknya, seperti melihat domain, kinerja situs mobile (mobile site), hasil pencarian, dan query dengan traffic tertinggi, dan halaman.

Selain itu, GSC juga menyediakan fitur Page Experience Report, yang menggabungkan laporan inti kinerja web dan metrik-metrik lain. 

SEMrush

SEMrush adalah sebuah software yang membantu menjalankan strategi pemasaran digital, seperti kampanye SEO, pay-per-click (PPC), media sosial, dan kampanye pemasaran konten lainnya. SEMrush dapat membantu melihat tren yang sedang terjadi pada industri Anda, dan meng-audit on-page SEO, yang membantu Anda meningkatkan kinerja SEO untuk mendapatkan leads lebih banyak.

Selain itu, SEMrush juga membantu mengidentifikasi kata kunci relevan untuk kampanye Anda, beserta informasi lainnya mengenai kata kunci tersebut, seperti kata kunci apa yang digunakan pesaing-pesaing Anda, dan rankingnya pada mesin pencari. 

Ahrefs

Ahrefs adalah tools yang digunakan untuk menumbuhkan traffic pencarian dan mengoptimasi situs web. Untuk melakukannya, Ahref akan merayap situs web, menyimpan data, dan membuat data tersebut dapat diakses melalui user interface.

MozPro

MozPro adalah software SEO yang memiliki tools yang dirancang khusus untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari. Tiga dari fitur-fitur unggul MozPro adalah Link Explorer, Keyword Explorer, dan Rank Tracker.

Screaming Frog SEO Spider

Screaming Frog adalah tools situs web SEO dan audit tool yang digunakan untuk merayap situs web besar dan kecil. Hal ini dapat menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk mengecek setiap halaman secara manual. Screaming Frog juga bisa membantu Anda menganalisa struktur sebuah website dan menemukan masalah teknis.

Yoast SEO (WordPress Plugin)

Yoast SEO berfungsi untuk:Mengintegrasikan tools webmaster dengan mesin pencari untuk melihat kinerja situs web pada mesin pencari, memberikan preview atau pratinjau konten, judul, slug, meta description, dan lainnya pada sebuah mesin pencari. Kedua hal ini sangat berguna untuk membantu Anda menyusun strategi SEO kedepannya. Kemudian, Yoast SEO mendukung riset kata kunci dan saran optimasi, serta meningkatkan keterbacaan konten agar lebih mudah dibaca mesin pencari dan teroptimasi lebih baik.

BuzzSumo

BuzzSumo berfungsi untuk membantu para pebisnis untuk mencari dan melakukan riset kata kunci yang lebih baik untuk ditulis dan waktu yang tepat untuk menulisnya. Hal ini dilakukan dengan penggunaan beberapa fitur-fitur BuzzSumo, seperti mengetahui konten dengan jumlah share terbanyak, melakukan analisis konten, mengetahui informasi tren-tren terkini, mengidentifikasi pengguna yang merupakan influencer, melakukan pemantauan konten yang sudah dibuat, dan melakukan analisis kompetitor.

SEOptimer

SEOptimer adalah salah satu tools SEO yang dapat digunakan untuk meng-audit situs web Anda dari segi keamanan, kegunaan, dan kinerja. SEOptimer bekerja dengan melaporkan kesalahan-kesalahan teknis pada situs web Anda, dan memberikan Anda rekomendasi langkah selanjutnya untuk meningkatkan peringkat pencarian di Google. 

SpyFu

SpyFu adalah tools SEO yang dapat membantu Anda menganalisis situs kompetitor, mencari kata kunci optimal, menganalisis backlink dan backlink kompetitor, dan melacak perubahan pada halaman hasil mesin pencari (Search Engine Result Page/SERP).

Demikian beberapa tools SEO yang dapat digunakan untuk membantu optimasi situs web Anda. Tentunya masih ada sangat banyak tools SEO yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengoptimasi situs web bisnis Anda. Menjalankan pemasaran digital dengan SEO sendiri tidak semudah yang terdengar, karena tetap membutuhkan pengalaman dan keterampilan iklan, sales, dan teknologi digital. 

Anda dapat menjalankan SEO secara internal dengan memiliki tim khusus, atau secara eksternal dengan menggunakan jasa digital agency SEO

GetFound menawarkan jasa SEO yang sudah terbukti meningkatkan jumlah interaksi klien-klien kami dengan konsumen mereka, meningkatkan brand awareness mereka secara efektif.

Bagikan:
Tentang Penulis
Zoeleika Yollanda
Zoeleika Yollanda
Zoeleika has a wide range of writing experiences, from blogs, articles, to other forms of creative writing. She has a knack for engaging storytelling and elevating brands to new heights via search engine optimization.
Artikel Lainnya
Cara Membuat Konten Local SEO dengan Optimal
SEO
Cara Membuat Konten Local SEO dengan Optimal
May 17, 2024
Jika Anda familiar dengan SEO, pembuatan konten berkualitas memerlukan strategi local SEO untuk optimalisasi.
oleh
Zoeleika Yollanda
Manfaat SEO dalam Meningkatkan Bisnis Digital
SEO
Manfaat SEO dalam Meningkatkan Bisnis Digital
May 16, 2024
Dalam dunia bisnis digital, memaksimalkan manfaat SEO dapat meningkatkan penjualan dan visibilitas bisnis Anda
oleh
Zoeleika Yollanda
Memahami E-E-A-T dalam SEO
SEO
Memahami E-E-A-T dalam SEO
May 13, 2024
Pernah mendengar tentang faktor E-E-A-T untuk sebuah web atau konten SEO? Pelajari di sini!
oleh
Zoeleika Yollanda
Artikel Terkait
Cara Membuat Konten Local SEO dengan Optimal
SEO
Cara Membuat Konten Local SEO dengan Optimal
May 17, 2024
Jika Anda familiar dengan SEO, pembuatan konten berkualitas memerlukan strategi local SEO untuk optimalisasi.
oleh
Zoeleika Yollanda
Memahami E-E-A-T dalam SEO
SEO
Memahami E-E-A-T dalam SEO
May 13, 2024
Pernah mendengar tentang faktor E-E-A-T untuk sebuah web atau konten SEO? Pelajari di sini!
oleh
Zoeleika Yollanda
Mengenal Apa itu SEO Specialist?
SEO
Mengenal Apa itu SEO Specialist?
May 9, 2024
SEO Specialist bertanggung jawab untuk meningkatkan traffic situs web suatu perusahaan atau bisnis Anda
oleh
Nicholas Bunkharisma