Mengenal SEO Lokal dan Cara Kerjanya

SEO
April 18, 2024
Nicholas Bunkharisma
Mengenal SEO Lokal dan Cara Kerjanya

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah Search Engine Optimization (SEO), yang merupakan bagian penting dari strategi digital marketing untuk meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencarian. Namun, apakah Anda sudah familiar dengan apa itu SEO Lokal?

Apa itu SEO Lokal?

 Sumber: semrush

SEO Lokal adalah bagian dari strategi SEO yang bertujuan untuk menargetkan calon pelanggan dalam wilayah tertentu (lokal). Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web bisnis yang relevan dengan lokasi terdekat mereka. SEO Lokal diterapkan melalui berbagai strategi optimisasi seperti penggunaan kata kunci lokal, pendaftaran di Google My Business, pembuatan konten yang relevan, serta meningkatkan citra dan ulasan lokal. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, hasil pencarian sebuah bisnis dapat muncul di peringkat teratas dan bersaing lebih efektif di pasar lokal mereka.

Bagaimana Cara Kerja SEO Lokal?

Pernahkah Anda menggunakan frasa ‘di dekat saya’ atau ‘terdekat’ di mesin pencari untuk menemukan toko atau layanan terdekat? Kedua frasa tersebut yang dimaksud sebagai kata kunci lokal yang akan mengarahkan Anda kepada bisnis di sekitar Anda. Hal inilah yang menjadi bagian dari cara kerja SEO Lokal agar sebuah bisnis website dan profil bisnis Anda semakin lebih mudah ditemukan dalam mesin pencari. 

Sebagai gambaran, Anda memiliki bisnis laundry di Jakarta Barat. Ketika pengguna internet di Jakarta Barat sedang mencari “laundry terdekat" di Google, website Anda dapat otomatis muncul di hasil mesin pencarian teratas, tergantung pada seberapa baik optimasi SEO Lokal yang Anda lakukan. Tentu saja, ini akan meningkatkan peluang bisnis Anda untuk menarik calon pelanggan baru dari wilayah Jakarta Barat.

Baca Juga: Pentingnya SEO Untuk Bisnis Anda

Namun, perlu dipahami bahwa SEO Lokal hanya akan berlaku di setiap wilayah tertentu. Artinya, ketika pengguna internet di Jakarta Timur mencari "laundry terdekat" di Google, hasil pencariannya akan menampilkan laundry terbaik di wilayah Jakarta Timur. Demikian pula, jika Anda adalah seorang pelanggan yang sedang mencari "fitness terdekat", mesin pencari akan menyesuaikan dengan lokasi terkini Anda dan merekomendasikan gym di wilayah tersebut.

Mengapa SEO Lokal Penting?

Dalam era digital saat ini, banyak orang cenderung melakukan pencarian terlebih dahulu melalui internet sebelum mengunjungi toko fisik ataupun online. Pencarian ini umumnya dilakukan untuk beberapa tujuan, seperti mengetahui ulasan dari pelanggan lain, mencari lokasi toko terdekat, dan ketersediaan layanan. Laura Hennigan (2023) dalam artikelnya yang berjudul “Local SEO In 2024: The Ultimate Guide” menjelaskan bahwa pencarian dengan menggunakan frasa ‘terdekat’ atau ‘di dekat saya’ telah mengalami tren peningkatan secara global lebih dari 400% dari tahun ke tahun. Tren ini menunjukkan bahwa mulai banyak orang yang aktif menggunakan mesin pencari untuk mencari layanan terbaik dan terdekat. 

Dalam hal ini, SEO berperan dalam membantu memasarkan sebuah bisnis. Melalui optimasi SEO Lokal, sebuah bisnis dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas, meningkatkan jumlah pengunjung situs web, membangun brand awareness, meningkatkan kepercayaan, kredibilitas, dan keunggulan kompetitif. Jadi, maksimalkan potensi bisnis Anda dengan memanfaatkan optimasi SEO Lokal dalam menjangkau lebih banyak pelanggan potensial di sekitar Anda.

Upaya dalam memaksimalkan SEO Lokal tentu membutuhkan dedikasi dan kerja keras, terutama jika Anda baru memulai. Kabar baiknya, GetFound, yang merupakan Local SEO Agency pertama di Indonesia, siap membantu mengoptimalkan SEO lokal bisnis Anda di mesin pencarian. 

Dengan layanan tersebut, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat bisnis Anda secara lokal, sehingga menarik lebih banyak pelanggan potensial di daerah Anda.

Bagikan:
Tentang Penulis
Nicholas Bunkharisma
Nicholas Bunkharisma
Nicholas Bunkharisma memiliki kecintaan dalam menulis blog dan paper. Kecintaannya dalam mempelajari berbagai hal ia tuangkan dalam bentuk tulisan dan dibagikan kepada pembaca.
Artikel Lainnya
Cara Membuat Konten Local SEO dengan Optimal
SEO
Cara Membuat Konten Local SEO dengan Optimal
May 17, 2024
Jika Anda familiar dengan SEO, pembuatan konten berkualitas memerlukan strategi local SEO untuk optimalisasi.
oleh
Zoeleika Yollanda
Manfaat SEO dalam Meningkatkan Bisnis Digital
SEO
Manfaat SEO dalam Meningkatkan Bisnis Digital
May 16, 2024
Dalam dunia bisnis digital, memaksimalkan manfaat SEO dapat meningkatkan penjualan dan visibilitas bisnis Anda
oleh
Zoeleika Yollanda
Memahami E-E-A-T dalam SEO
SEO
Memahami E-E-A-T dalam SEO
May 13, 2024
Pernah mendengar tentang faktor E-E-A-T untuk sebuah web atau konten SEO? Pelajari di sini!
oleh
Zoeleika Yollanda
Artikel Terkait
Mengenal Strategi Dasar SEO Lokal
SEO
Mengenal Strategi Dasar SEO Lokal
April 30, 2024
Kenali strategi-strategi dasar SEO Lokal untuk mendukung implementasi SEO Anda!
oleh
Zoeleika Yollanda