fbpx

Cara Efektif Membuat Konten Local SEO untuk Bisnis

Author

Search Engine Optimization (SEO) memegang peranan penting dalam meningkatkan visibilitas online bagi sebuah bisnis online. Konten local SEO, khususnya, berfokus pada penargetan pelanggan dalam suatu area geografis tertentu. 

Memahami SEO secara lokal sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin menarik pelanggan di lingkup lokal sebanyak mungkin. 

Jika Anda salah satu entrepreneur yang ingin meningkatkan visibilitas online bisnis Anda terutama di Google, informasi di bawah ini wajib Anda simak sampai habis.

Apa Itu Local SEO?

Local SEO adalah pengoptimisasian visibilitas online untuk menarik pelanggan lokal yang mana, hal inilah pembeda antara SEO lokal dan SEO umum. Local SEO dikenal juga sebagai strategi optimisasi mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di hasil pencarian yang relevan dengan lokasi geografis tertentu. 

Di dalamnya melibatkan pengoptimalan situs web dan konten untuk kata kunci lokal, serta pengelolaan profil bisnis online di platform seperti Google My Business.

Dalam SEO lokal, bisnis Anda akan dibantu untuk muncul di hasil pencarian teratas  ketika pengguna mencari produk atau layanan yang ditawarkan di area geografis di mana bisnis Anda beroperasi. 

Strategi ini sangat penting bagi bisnis yang melayani pelanggan secara lokal saja, seperti:

  • Restoran,
  • Toko retail,
  • Layanan profesional,
  • Dan usaha kecil lainnya

Pentingnya Local SEO

SEO lokal penting bagi bisnis kecil dan menengah atau sebut saja UMKM. Hal ini memberikan dampak positif ketika diimplementasikan secara efektif. Dengan menerapkan strategi SEO lokal yang efektif, bisnis Anda dapat meningkatkan visibilitasnya di hasil pencarian lokal.

Yang mana hal ini akan menarik lebih banyak pelanggan potensial di area target, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda secara keseluruhan.

Langkah-langkah Membuat Konten Local SEO yang Optimal

Seperti penjelasan di atas, konten local SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di hasil pencarian yang relevan dengan lokasi geografis tertentu yang melibatkan beberapa hal berikut ini:

  • Pengoptimalan situs web dan konten untuk kata kunci lokal
  • Manajemen profil bisnis di platform seperti Google My Business
  • Mendapatkan backlink dari situs web lokal
  • Membangun reputasi online melalui ulasan dan interaksi komunitas lokal

Dengan menerapkan strategi SEO lokal, bisnis dapat menarik lebih banyak pelanggan potensial di area target dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. Di bawah ini penjelasan lengkapnya!

1. Riset Kata Kunci Lokal

Manfaatkan alat untuk menemukan kata kunci lokal yang relevan seperti Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, Moz Keyword Explorer, Ubersuggest, dan KeywordTool.io. Dengan alat-alat ini, Anda dapat menemukan kata kunci lokal yang relevan untuk bisnis Anda.

Pahami pula strategi pesaing dalam SEO lokal bisnis Anda. Untuk melihat apa yang dilakukan kompetitor dalam strategi konten Local SEO mereka, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

1. Analisis Situs Web

Tinjau situs web kompetitor untuk melihat bagaimana mereka mengoptimalkan konten mereka untuk kata kunci lokal. Perhatikan judul halaman, deskripsi meta, dan penggunaan kata kunci di dalam konten.

2. Google My Business

Periksa profil Google My Business mereka untuk melihat informasi bisnis yang disediakan dan ulasan pelanggan. Perhatikan bagaimana mereka mengelola profil mereka dan apakah mereka aktif dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Gunakan alat analisis backlink seperti Ahrefs atau Moz untuk melihat sumber backlink kompetitor. Perhatikan jenis situs web yang memberikan backlink dan strategi mereka dalam membangun tautan lokal.

Baca juga: Apa yang Dimaksud SEO Off Page: Teknik dan Strateginya

4. Analisis Citations

Tinjau direktori bisnis online tersebut dan situs web lokal lainnya untuk melihat di mana kompetitor Anda terdaftar. Perhatikan direktori (citations) mana yang paling umum digunakan dan apakah ada peluang untuk bisnis Anda untuk terdaftar di sana juga.

Dengan memahami apa yang dilakukan kompetitor dalam strategi konten Local SEO mereka, Anda dapat mendapatkan wawasan berharga untuk meningkatkan strategi Anda sendiri dan tetap bersaing di pasar lokal.

2. Optimalisasi Google My Business

Pembuatan dan verifikasi akun GMB juga diperlukan untuk memulai perjalanan Anda meningkatkan penjualan bisnis Anda. Adapun langkah-langkah untuk membuat dan memverifikasi akun Google My Business di antaranya:

  • Akses situs Google My Business.
  • Isi informasi bisnis yang akurat.
  • Verifikasi kepemilikan bisnis, biasanya melalui kartu pos atau verifikasi telepon/email.
  • Setelah verifikasi selesai, kelola informasi bisnis Anda di dashboard Google My Business.

3. Membuat Konten Berkualitas

Untuk menulis konten yang relevan dengan komunitas lokal, berikut langkah-langkahnya:

1. Kenali kebutuhan dan minat unik komunitas bisnis Anda.

2. Gunakan kata kunci lokal yang relevan.

3. Sertakan informasi dan beberapa acara lokal.

4. Gunakan bahasa yang akrab dan mudah dipahami tanpa arti ganda.

5. Ajak pembaca berinteraksi dengan pertanyaan atau polling.

Selain itu, di dalam sebuah konten local SEO berkualitas juga penting menggunakan gambar dan video lokal untuk menarik perhatian audiens bisnis Anda.

Berkolaborasi dengan bisnis lokal sangat direkomendasikan, hal ini bertujuan untuk mendapatkan backlink di website bisnis lokal lainnya. 

Bukan hanya itu, daftar direktori atau sitasi bisnis lokal juga turut membantu web bisnis Anda untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian.

5. Memantau dan Mengevaluasi Kinerja

Beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk memantau kinerja local SEO adalah:

  • Google Analytics
  • Moz Local
  • Google Search Console
  • SEMrush
  • Ahrefs
  • BrightLocal

Dengan tools di atas, Anda dapat melacak kinerja SEO lokal Anda, termasuk peringkat kata kunci, lalu lintas organik, dan efektivitas strategi konten local SEO yang telah Anda terapkan.

Jika Anda membutuhkan bantuan atau guidence untuk meningkatkan local SEO bisnis Anda, mulailah dengan GetFound – agensi pemasaran digital yang berfokus pada optimisasi mesin pencari dengan pendekatan SEO berbasis data. 

Temukan potensi bisnis Anda bersama tim ahli kami dan dapatkan solusi SEO terbaik bersama GetFound! Konsultasikan sekarang!

Ikuti kami di InstagramLinkedIn, dan Website untuk tips SEO lainnya!

Subscribe Our Newsletter.
Conquer your day with daily search marketing news.

99% POSITIVE FEEDBACK

Ready to grow your business?

We’ll give you a call back within 24 hours to learn more about your company and build you a free custom plan.